Jenis-jenis Kabel dan Fungsinya

A). N.Y.A


Biasanya digunakan untuk instalasi rumah dan sistem tenaga. Dalam instalasi rumah digunakan ukuran 1,5 mm2 dan 2,5 mm2. N.Y.A merupakan simbol yang menjadi bagian dari jenis penghantar, jumlah inti dan jenis selubungnya. berikut penjelasannya: 
simbol N menandakan Kabel standar atau penghantar berisolasi dengan penghantar tembaga sebagai inti. 
simbol Y menandakan jenis Selubung isolasi dari PVC. 
simbol A menandakan Kabel berisolasi tunggal 




Dapat didefinisikan bahwa Kabel NYA berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC dan digunakan untuk instalasi luar atau kabel udara. Warna pada isolasi kabel N.Y.A diantaranya yang berwarna merah (fase), kuning (fase), hitam (fase) serta biru (Netral) dan Hijau Kuning (Grounding/pentanahan). Lapisan isolasi kabel N.Y.A hanya 1 lapis sehingga mudah cacat, tidak tahan air, serta mudah digigit tikus. Supaya kabel NYA aman, dalam menggunakannya harus dipasang dalam pipa ataupun conduit jenis PVC. Dengan demikian kabel NYA tidak mudah rusak karena gigitan tikus serta apabila terdapat isolasi kabel yang terkelupas maka tidak akan tersentuh langsung.








Dari tabel, misalnya kabel dengan ukuran 1 mm² pada temperatur 20º C : penghantarnya memiliki resistansi sebesar 23.4 ohm setiap 1 km panjang kabel dan penyekatnya memiliki resistansi sebesar 51 M ohm setiap 1 km panjang kabel.



B). N.Y.M



Digunakan untuk kabel instalasi listrik rumah atau gedung dan sistem tenaga. N.Y.M merupakan simbol yang menjadi bagian dari jenis penghantar, jumlah inti dan jenis selubungnya. berikut penjelasannya:


simbol N menandakan Kabel standar atau penghantar berisolasi dengan penghantar tembaga sebagai inti. 
simbol Y menandakan jenis Selubung isolasi dari PVC. 
simbol A menandakan Kabel berisolasi lebih dari satu dan berinti lebih dari 1 (2 dan 4). 




Dapat di definisikan Kabel NYM berinti lebih dari 1, memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna putih atau abu-abu), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis, sehingga tingkat keamanannya lebih baik dari kabel NYA (harganya lebih mahal dari NYA). Kabel ini dapat dipergunakan dilingkungan yang kering dan basah, namun tidak boleh ditanam.







C). N.Y.Y



N.Y.Y merupakan simbol yang menjadi bagian dari jenis penghantar, jumlah inti dan jenis selubungnya. berikut penjelasannya:


simbol N menandakan Kabel standar atau penghantar berisolasi dengan penghantar tembaga sebagai inti. 
simbol Y menandakan jenis Selubung isolasi dari PVC. 
simbol Y menandakan Selubung luar dari PVC 




Dapat di definisikan Memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna hitam), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Kabel NYY dieprgunakan untuk instalasi tertanam (kabel tanah), dan memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM (harganya lebih mahal dari NYM). Kabel NYY memiliki isolasi yang terbuat dari bahan yang tidak disukai tikus. kabel ini cocok sekali ditanam di tembok gedung atau di bawah permukaan tanah.







Diatas merupakan sebagian dari jenis kabel yang ada dan digunakan dalam sistem kelistrikan diindonesia, penggunaan kabel yang tepat akan sangat membantu dan menyelamatkan kita serta menghindari dari kejadian dan kerusakan yang dapat disebabkan oleh perangkat kelistrikan seperti kabel itu, alangkah baik nya memilih pemilihan kabel penghantar yang tepat dan berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia)


sebagai pelengkap berikut arti dari setiap kode dalam penamaan kabel penghantar.



sumber : materiselamasekolah.wordpress.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-jenis Kabel dan Fungsinya"

Post a Comment

partukang.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE