Beberapa Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Closet Duduk



Closet atau WC merupakan kebutuhan sanitasi yang wajib dimiliki dalam setiap rumah. Untuk itulah closet menjadi salah satu hal terpenting yang diperhatikan ketika membangun rumah. Saat ini, ada dua macam jenis closet yang umum digunakan, yakni closet jongkok dan closet duduk. Masing – masing baik harga closet jongkok maupun harga closet duduk sangat bervariatif. Tentunya semakin bagus kualitasnya, harganya pun semakin mahal.
Terlepas dari mahal atau murah harga suatu closet, yang lebih utama yakni kenyamanan anda ketika menggunakan nantinya. Selain itu, anda juga perlu menyelaraskan desain kamar mandi dengan bentuk dan warna closet yang anda pilih nantinya. Hal ini supaya closet anda tetap senada alias menyatu dengan desain kamar mandi rumah anda.

Pertimbangan Ketika Memilih Merk Closet

Merk closet yang paling populer di pasaran yakni INA, Toto, American Standard, dan Duty. Harga closet duduk setiap merk dan tipe mempunyai pernedaan. Beberapa pendapat menyampaikan, di Indonesia sendiri Merk closet duduk yang paling populer karena kualitas dan harga yang terbilang murah yakni Merk Toto. Tentunya pendapat ini tidak menjadikan anda membeli closet merk tertentu tanpa pertimbangan kembali.
Setiap orang tentunya mempunyai kebutuhan yang tidak sama persis. Jika orang lain membeli merk closet tertentu dengan pertimbangan harga dan kulitas, mungkin anda lebih condong pada pertimbangan anda tentang bentuk atau desain closet itu sendiri. Bagaimana kebutuhan sanitasi rumah anda sepenuhnya hanya anda yang paling memahami. Mencari tahu mengenai merk hingga kelebihan dan kekurannya bisa anda jadikan acuan supaya closet yang anda beli nantinya benar – benar sesuai ekspektasi anda. Selain itu, pertimbangan lain memilih jenis closet ini juga dipengaruhi oleh alasan kesehatan. Beberapa orang meyakini bahwa menggunakan closet jongkok lebih menyehatkan dibandingkan menggunakan closet duduk.

Closet Duduk dan Jongkok, Lebih Sehat Mana?

Jika bicara dari segi kesehatan, tentunya kita mengetahui bahwa buang air besar menggunakan closet jongkok lebih baik dibandingkan dengan closet duduk. Penjelasan secara medis mengungkapkan bahwa buang air besar dengan jongkok merupakan gerakan alami sehingga membuat feses lebih cepat keluar. Hal ini tentunya akan menghindarkan anda dari serangan sambelit atau gangguan usus secara keseluruhan. Pernyataan ini diperkuat juga dengan penelitian medis yang telah dilakukan pada tahun 1960 bahwa posisi jongkok lebih alami dan sehat dibandingkan jika buang air besar dengan posisi duduk. Dengan alasan inilah beberapa orang tetap kekeh menggunakan closet jongkok sebagai alat sanitasi dirumah mereka.

Tips Sehat Gunakan Closet Duduk

Namun pada prakteknya, sekarang ini hotel, mall, perkantoran elit, kampus bahkan hingga rumah makan lebih banyak menggunakan closet duduk. Selain terkesan lebih ekslusif dan bersih, tentunya closet duduk ini juga lebih mudah digunakan. Mungkin anda pun pernah merasa kesulitan menyiram kotoran di closet jongkok, namun dengan menggunakan closet duduk, anda hanya perlu menekan tombol bersih dibadan closet dan kotoran langsung bersih seketika.
Jika anda masih khawatir mengenai alasan medis menggunakan closet duduk. Anda bisa menambahkan kursi lantai untuk menopang kaki anda. Pada posisi ini, tubuh anda akan lebih mendekati posisi jongkok. Untuk meyakinkan pilihan anda, berikut ini kisaran harga closet duduk semua merk yang bisa anda pertimbangkan :
  1.  Closet duduk merk INA mulai dari kisaran harga Rp. 480.000 – Rp. 1.350.000
  2. Closet duduk merk America Standar mulai dari kisaran harga Rp. 5.000.000 – Rp. 6.500.000
  3. Closet duduk merk Toto mulai dari kisaran harga Rp. 3.000.000 – Rp. 8.000.000


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Closet Duduk"

Post a Comment

partukang.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE