Modus dibalik pemasangan Baja Ringan (Murah)

Rangka atap baja ringan adalah merupakan bagian dari konstruksi utama suatu bangunan karena kesalahan dalam memilih dan membeli baja ringan karena murah (mengabaikan kwalitas) akan berakibat fatal yaitu rangka atap baja ringan tersebut akan roboh karena tidak mampu menahan beban genteng ataupun tekanan angin. Kejadian robohnya rangka atap baja ringan beberapa kali sering terjadi karena kesalahan dalam pemasangan dan/atau tidak mampunya rangka atap baja ringan untuk menahan beban atap genteng maupun tekanan angin.

Untuk anda yang hendak melakukan pembelian dan pemasangan baja ringan, agar tidak mudah terbujuk dengan harga murah yang ditawarkan oleh produsen maupun penjual/pemasang baja ringan tetapi harus tetap memperhatikan kwalitas dari rangka atap baja ringan. 

Berikut ini beberapa modus dibalik pemasangan baja ringan dengan harga murah  :

1. Menggunakan Jenis Baja Ringan yang tidak ber SNI

Beberapa supplier banyak ringan yang menawarkan harga murah ternyata memakai jenis baja ringan yang tidak ber SNI serta Hasil uji Baja Ringan. Yang mana tentu jenis bahan ini sangat berbahaya untuk dipasang karena tidak memiliki SNI Hasil uji Baja Ringanyang sudah ditetapkan pemerintah. Untuk itu apabila ada yang menawarkan harga rangka atap baja ringan yang murah maka terlebih dahulu minta contoh bahan dan sertifikat dan hasil uji baja ringan tersebut. 

2. Mark Up Volume

Kemungkinan kedua apabila ada yang menawarkan harga rangka atap baja ringan jauh dibawah harga rata-rata pasaran dengan menggunakan bahan yang bersertifikat SNI dan Hasil uji baja ringan adalah supplier tersebut telah me mark-up volume pemasangan rangka atap baja ringan tersebut dengan memanfaatkan ketidaktelitian atau kelengahan dari konsumen. Untuk itu jangan percaya 100% terhadap perhitungan jumlah volume yang disodorkan oleh aplikator baja ringan, bila anda tidak bisa menghitung maka anda dapat meminta bantuan dari, mandor, tukang atau teman anda yang mengerti bangunan. 


3. Menambah jarak kuda2 baja ringan (tidak sesuai dengan aplikator).

Point ketiga ini adalah hal yang paling dan sangat jarang untuk diperiksa oleh konsumen, yaitu jarak pemasangan kuda-kuda baja ringan sesuai. Aplikator nakal yang menawarkan harga rangka atap baja ringan murah seringkali merubah jarak yang sudah ditentukan dalam aplikasi pemasangan baja ringan yang diberikan kepada kita . Tentunya perubahan jarak kuda-kuda baja ringan ini adalah untuk menguntukan si supplier. Untuk itu minta kepada tukang atau mandor anda untuk mengecek jarak antar kuda-kuda baja ringan yang dipasang oleh aplikator rangka baja ringan tersebut


4. Pemasangan dilakukan oleh yang bukan ahli dibidang pemasangan baja ringan.

Meskipun bahan yang dipergunakan sudah SNI dan memiliki hasil uji baja ringan dan tidak menambah  panjang jarak antar kuda-kuda baja ringan sesuai dengan aplikasi tetapi pemasangan dilakukan oleh tukang yang bukan ahli dibidang pemasangan rangka atap baja ringan maka hal ini akan dapat berakibat fatal. Untuk itu anda dapat meminta referensi pengalaman pemasangan rangka atap baja ringan atau meminta sertifikat pelatihan pemasangan rangka atap baja ringan kepada aplikator tersebut. 

Baca juga Perbandingan Kuda-Kuda Baja Ringan VS Kuda-Kuda Kayu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Modus dibalik pemasangan Baja Ringan (Murah)"

Post a Comment

partukang.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE