.

Tips Membeli Rumah

JAKARTA, Indonesia — Membeli rumah ternyata tidak mudah, lho. Bukan hanya mengumpulkan dana, tapi masih banyak hal-hal lain yang perlu diperhatikan.


Bahkan setelah dana terkumpul pun untuk membeli tempat tinggal impian, ternyata enggak bisa langsung beli begitu saja. Pencarian tempat tinggal bisa sesulit mencari jodoh. Atau bahkan sesulit mencari asisten rumah tangga (ibu-ibu pasti ngerti).
Rumah yang akan kita beli ini bisa jadi akan kita tempati seumur hidup dan menua kelak. Jadi harus selain harus benar-benar sesuai dengan keinginan, ada aspek lain yang juga harus diperhatikan, di antaranya:
Surat kepemilikan
Ada berbagai jenis surat kepemilikan. Mulai dari sertifikat hak milik, hak guna bangunan, sampai Girik atau adat.
Dalam hal ini, hampir semua ahli properti menyarankan untuk memilih tempat tinggal dengan sertifikat kepemilikan SHM (Sertifikat Hak Milik).
SHM adalah sertifikat yang paling kuat karena tidak ada pihak lain yang bisa campur tangan atas kepemilikan tanah atau lahan tersebut.
Jadi, jika terjadi suatu masalah dengan tanah yang memiliki sertifikat SHM, maka pemilik dengan nama yang tercantum dalam SHM adalah pihak yang dianggap sebagai pemilik sah berdasarkan hukum.
Karena hal inilah, maka biasanya tanah bersertifikat SHM adalah tanah dengan nilai yang paling tinggi. Tak hanya untuk investasi, tapi rumah yang dibangun di lahan bersertifikat SHM juga lebih aman untuk dimiliki.
Asal usul lahan
Setelah meyakini sertifikat, cek juga latar belakang calon tempat tinggal kita. Dulunya tanah tersebut apa? Rawa? Tanah darat? Hal ini berpengaruh pada kebersihan air, rawan banjir atau tidak, dan seterusnya.
Pengembang properti
Belakangan ini dunia properti memang menggeliat. Di mana-mana kita bisa melihat pembangunan area perumahan, apartemen, dan sebagainya. Pengembang-pengembang yang sudah memiliki nama di Indonesia harus siap bersaing dengan pengembang properti baru yang tak kalah saing dengan mereka.


Salah satu pendatang baru di Indonesia adalah Pollux Properties.
Pollux Properties merupakan salah satu pengembang properti berskala international yang telah sukses melakukan ekspansi ke sejumlah negara-negara di Asia Tenggara. Saat ini Pollux Properties tengah mengerjakan sejumlah proyek di Indonesia untuk membuktikan kiprahnya di industri properti. Kepercayaan yang telah berhasil dibangun oleh Pollux Properties terlihat dari besarnya investor menanam investasi di setiap proyek yang dibangun.
Proyek teranyar mereka di Batam, Meisterstadt, merupakan proyek hasil kerja sama berkelanjutan antara Pollux Properties dengan Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie.
Menurut CEO Pollux Property Nico Po, Meisterstadt bukan hanya diperuntukan sebagai hunian tempat tinggal atau untuk berlibur, tetapi juga sebagai sarana pendukung perekonomian kota Batam.
Mengapa harus memilih pengembang terpercaya?
Banyak kasus di mana pembangunan sebuah apartemen, misalnya, terhenti entah karena apa padahal konsumen sudah menyetor sejumlah uang sebagai down payment kepada pengembang. Atau di lain kasus, ada yang ternyata apartemen yang sudah ditinggali sekian tahun, ternyata dibangun di lahan yang bermasalah secara kepemilikannya.
Tentunya hal ini akan merugikan kita sebagai konsumen, kan?
Bagaimana, makin repot ya membeli rumah atau tempat tinggal? Tapi percayalah, ketika sudah memiliki dengan berbagai cerita di baliknya, pasti akan ada bahagia yang luar biasa.
sumber : Rappler.com

Subscribe to receive free email updates: