Memaksimalkan Gaya & Desain pada Kamar Tidur Mungil

Menata kamar tidur bukan hanya mempertimbangkan aspek fungsional dan efektivitas, tetapi juga estetika, inspirasi, dan relaksasi. Anda tentu membayangkan kamar tidur impian Anda sebagai tempat pengasingan dari dunia luar dan bersantai sejenak tanpa ada gangguan. Kamar tidur yang ideal seharusnya menjadi sumber kenyamanan tak terbatas sehingga Anda dapat bangun pagi dengan penuh energi dan disegarkan kembali karena segala sesuatu yang Anda butuhkan sudah tersedia. Selain itu, kamar tidur juga harus dilengkapi dengan tempat penyimpanan barang-barang pribadi, meskipun sulit sekali mengatur tata ruang yang sempit untuk tempat tidur, lemari kecil, laci dan kursi baca yang nyaman.


Namun, ketika Anda diperhadapkan dengan luas ruang tidur yang terbatas, menciptakan sebuah kamar tidur yang mencakup semua fungsi dan tujuan itu tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri. Sering kali kebutuhan untuk menyimpan barang-barang koleksi pribadi dan fungsionalitas dapat mengaburkan keinginan untuk mempertimbangkan gaya khas Anda. Meskipun demikian, ada banyak cara yang dapat membantu Anda menata kamar tidur mungil dengan menyeimbangkan antara gaya maupun fungsi.


DESAIN YANG DICIPTAKAN UNTUK MEMPERLUAS RUANG ANDA (SUMBER: HOMESTHETICS.NET)

1. Mengoptimalkan setiap sudut ruang Anda

Mendekorasi dinding kamar tidur dapat menjadi pekerjaan yang menyenangkan bagi setiap orang. Namun, pada kamar tidur berukuran kecil, upaya itu akan lebih maksimal karena dapat menonjolkan karakteristik ruang dan berfokus pada fitur desain, bukan pada segi ukuran yang terbatas.
Anda bisa menggali berbagai macam ide desain dinding yang kreatif dengan bermain komposisi warna, komposisi, skala, tekstur, bentuk, dan sebagainya. Lukisan pada dinding atau mural, permainan warna cat, dan bahkan wallpaper bisa menjadi solusi hemat biaya jika Anda memilih opsi ekonomis. Menciptakan dinding galeri di kamar tidur juga dapat menjadi cara untuk menambahkan sentuhan pribadi Anda.
MEMILIH IDE KAMAR TIDUR KECIL DENGAN PERABOT YANG COCOK (SUMBER: HAMANCO.COM)
Anda bisa menambahkan berbagai elemen dekoratif yang unik dan tidak lazim sebagaimana layaknya kamar tidur konvensional. Pastikan Anda memanfaatkan setiap sisi dinding Anda semaksimal mungkin sehingga menciptakan tampilan desain yang lebih mewah.
F+W HOUSE BY DP+HS ARCHITECTS (SUMBER: ARSITAG.COM)

2. Berpikir melampaui batas tertinggi.

Meskipun kamar tidur kecil memiliki ruang terbatas, Anda bisa memaksimalkan satu bagian yang sering diabaikan banyak orang: plafon atau langit-langit, yaitu bagian ruang yang bagus untuk menyatukan semua elemen arsitektur dan menegaskan eksistensi sebuah ruang. Anggaplah plafon sebagai kanvas bersih yang siap kita optimalkan dengan berbagai pilihan gaya yang menarik.
Jika plafon kamar tidur Anda cukup tinggi, Anda bisa memanfaatkan ruang yang ada dengan variasi drop ceiling (menurunkan plafon) atau up ceiling (meninggikan sebagian besar permukaan plafon). Variasi plafon akan membuat ruangan menjadi lebih dramatis dan dinamis.


MEMAKSIMALKAN KENYAMANAN KAMAR TIDUR KECIL (SUMBER: HOTPADS.COM)


Desain ini juga digunakan untuk menutupi elemen bangunan yang terekspos lebih rendah dari plafon utama, misalnya salah satu trik untuk “menyembunyikan” rel gorden dan vertical blind sehingga tampilan ruang menjadi lebih rapi dan berkelas.



IDE KAMAR TIDUR KECIL (SUMBER: MINIMALISTI.COM)



Anda bisa menggantung barang-barang dekoratif yang tidak hanya melapangkan area di bawahnya, tetapi juga mengarahkan pandangan ke arah atas. Efek ini akan memberikan ilusi volume ruang yang lebih besar dalam sebuah ruangan kecil.

Memasang lampu gantung sebagai pengganti lampu meja akan membantu menciptakan penegasan unsur vertikal yang memusatkan fokus pada tempat tidur, menambahkan karakteristik gaya modern dan sekaligus membebaskan ruang di samping tempat tidur. Sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui, bukan? Tentu saja.


IDE KAMAR TIDUR KECIL (SUMBER: MINIMALISTI.COM)




3. Menerapkan tempat penyimpanan vertikal
Dengan menyingkirkan furnitur besar yang memakan luasan lantai di kamar tidur kecil, salah satu solusi hebat untuk memberikan tampilan visual ruang yang lebih lapang adalah dengan teknik pemasangan rak tempel pada dinding. Trik ini selain membuat perabot tampak seperti menyatu ke dinding, juga menambah nilai estetis dan praktis pada kamar tidur Anda.
Tempat penyimpanan, seperti meja samping tempat tidur dengan laci atau bahkan meja rias kecil, bisa juga ditempelkan ke dinding. Trik ini dapat melapangkan ruang di bawahnya untuk menyembunyikan barang, kotak atau keranjang penyimpanan pernak-pernik Anda.
IDE DESAIN TEMPAT TIDUR MURPHY (SUMBER: HOMEDIT.COM)

4. Gunakan Furnitur Serbaguna

Untuk memaksimalkan ruang lantai yang terbatas, gabungkan furnitur fleksibel multifungsi yang bisa dilipat ke dinding. Ide tempat tidur lipat dapat berguna jika Anda hanya memiliki ruangan kecil yang berfungsi ganda sebagai kamar tidur maupun meja kerja tanpa ruang fungsional yang cukup untuk tempat penyimpanan.


IDE DESAIN TEMPAT TIDUR MURPHY (SUMBER: HOMEDIT.COM)


Bahkan ide yang lebih hebat, tempat tidur ini bisa dilipat di balik sofa yang kemudian dapat dipergunakan selama siang hari. Ide ini akan menghemat ruang dan memberikan lebih banyak fleksibilitas tanpa mengorbankan kenyamanan.

Cobalah menambahkan komponen dekoratif pada permukaan luar bagian lipat. Pola cat yang dilukis di balik meja lipat akan menambahkan elemen visual yang menarik ke dalam kamar itu.


MEMASANG PINTU GESER (SUMBER: HGTV.COM)



5. Ciptakan pembatas antara dua zona


Untuk mendesain pintu lemari atau kamar tidur, Anda perlu mempertimbangkan area yang cukup luas untuk membuka dan menutup pintu. Namun, persyaratan itu tentu dapat membatasi pilihan Anda dalam menata furnitur di ruang tidur yang sempit. Pintu lipat, geser atau pintu saku (pocket door) adalah beberapa pilihan untuk mengatasi masalah fungsional, menawarkan kemudahan untuk menghemat ruang dibanding pintu tradisional yang lebih standar, dan menambah nilai estetis pada kamar tidur Anda.

MEMILIH IDE KAMAR TIDUR KECIL (SUMBER: HAMANCO.COM)
Cara lain untuk meningkatkan fungsi pintu di kamar tidur Anda adalah menggantinya dengan bahan tembus cahaya atau reflektif. Pintu geser dari kaca buram tentu dapat mengurangi kesan sempit dan tertutup pada sebuah ruangan kecil. Demikian pula, pintu lemari dari cermin bisa membuat ruangan terasa lebih lapang.
KAMAR TIDUR BERKUALITAS TINGGI (SUMBER: HGTV.COM)
Namun, apabila Anda lebih mengutamakan privasi, Anda bisa menggunakan alternatif bahan tipis dan ringan lainnya, seperti aluminium, teakwood, dan sebagainya.
MEMAKSIMALKAN RUANG DALAM KAMAR TIDUR KECIL (SUMBER: TREEIUM.COM)

6. Sudahkah kita bercermin hari ini?

Menciptakan trik tipuan mata dengan penempatan cermin pada posisi yang tepat adalah salah satu solusi klasik terbaik untuk kamar tidur kecil. Anda bisa memasang cermin berukuran besar di mana saja, tanpa aturan dan batasan apa pun.


MEMAKSIMALKAN RUANG DALAM KAMAR TIDUR KECIL (SUMBER: HGTV.COM)



Cermin tidak hanya menghasilkan ilusi ruang yang terlihat lebih lapang, tetapi juga memantulkan cahaya alami yang membuat ruangan lebih dinamis. Ingin lebih mantap lagi? Pasanglah cermin tepat di dekat sumber cahaya, bisa berupa lampu, lilin, atau langsung memantulkan sinar matahari pagi. Ruangan Anda akan terlihat lebih cerah, dan pantulan cahaya yang dihasilkannya akan menimbulkan efek luar biasa bagi kamar kecil Anda.


PEMASANGAN CERMIN PADA KAMAR TIDUR BERKELAS (SUMBER: DECORPAD.COM)
Gunakan beberapa cermin sebagai elemen desain pada dinding sebagai pengganti lukisan. Galeri cermin dalam berbagai bingkai, bentuk, dan ukuran yang berbeda dapat berfungsi sebagai fitur dinding cermin yang indah dan memperluas ruangan.
MEMAKSIMALKAN RUANG DALAM KAMAR TIDUR KECIL (SUMBER: HGTV.COM)
Anda juga bisa menggabungkan cermin dengan penataan lemari atau rak, fitur dinding berpola tertentu, dinding bercat warna-warni atau di balik sudut sempit untuk lebih menegaskan kamar tidur Anda. Pemasangan cermin yang tepat akan memberikan kontras yang menarik pada deretan objek yang monoton.
IDE KAMAR TIDUR KECIL YANG MODERN (SUMBER: MINIMALISTI.COM)
Ingin ruangan yang istimewa, berkesan sangat mewah dan berkelas ala kamar hotel mewah? Anda bisa memadukannya dengan cermin berukuran dramatis pada desain langit-langit atau plafon yang akan membuat ruangan tampak sangat lapang dan lebih cerah.
IDE DESAIN INTERIOR KAMAR TIDUR (SUMBER: SCRATCHPAD.CO)

7. Berani bermain komposisi

Menonjolkan sesuatu yang menjadi pusat perhatian di sebuah ruangan kecil tidak hanya akan memancarkan kepribadian dan gaya Anda, tetapi juga mengalihkan fokus dari ukuran ruang yang terbatas itu. Oleh karena itu diperlukan keberanian untuk berkreasi dengan kamar tidur Anda agar pengalihan fokus perhatian itu lebih maksimal.



IDE PENATAAN KAMAR TIDUR KECIL (SUMBER: TARASCOTTJOHNSON.WORDPRESS.COM)


Gunakan warna cat yang berbeda atau kertas dinding berpola geometris untuk dinding tempat tidur, dipadukan bahan kain pada tempat tidur dengan motif senada. Anda juga bisa memilih furnitur, benda seni atau lampu dengan desain khusus.

sumber : arsitag.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memaksimalkan Gaya & Desain pada Kamar Tidur Mungil"

Post a Comment

partukang.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE