Beberapa Desain Kamar Mandi

Kamar mandi minimalis adalah bagian yang sangat penting yang harus ada dalam setiap rumah, bahkan pentingnya kadangkala setiap kamar tidur juga tersedia satu kamar mandi sehingga lebih privasi, tentunya untuk membuat kamar mandi di dalam kamar tidur akan membutuhkan ruangan yang lebih besar.


Namun dimanapun letak dari kamar mandi tersebut akan lebih baik jika didesain dengan menarik, penggunaan warna cat yang bagus dan juga perabotan yang nyaman untuk digunakan, hingga nantinya rutinitas mandi atau membersihkan diri terasa lebih menyenangkan dan mengasyikkan.

Seiring dengan perkembangan zaman kini masyarakat sudah semakin sadar bahwa kamar mandi adalah ruangan yang bisa didesain dengan sangat menarik, untuk Anda yang saat ini sedang mencari inspirasi agar kamar mandi anda lebih menarik, maka poin-poin berikut ini perlu anda perhatikan.


Warna Cat Dinding Kamar Mandi

Cat yang ada di kamar mandi biasanya tidak terlalu diperhatikan, seperti ketika sedang mendesain ruangan lain, sehingga rata-rata orang lebih memilih untuk menggunakan warna netral ataupun warna polos saja yang akan membuat kamar mandi terlihat tidak menarik dan terkesan monoton.


Suasana kamar mandi yang identik dengan air sebenarnya bisa dioptimalkan dengan menggunakan warna-warna yang cerah dan natural. Namun permasalahannya adalah ketika ruang kamar mandi yang ada di rumah Anda tidak terlalu besar maka penggunaan warna yang terlalu mencolok akan terasa kurang tepat. Untuk menyiasatinya Anda bisa memanfaatkan warna yang cerah tersebut sebagai aksen dan diimbangi dengan warna netral untuk dominasi warna di ruangan kamar mandi, meskipun persentase warna yang color full di kamar mandi anda tidak terlalu banyak, tetapi hal ini sudah sangat berpengaruh pada suasana dan nuansa yang akan hadir pada kamar mandi tersebut.



Keramik

Keramik memang harus selalu ada dalam kamar mandi karena lantai keramik terlihat lebih menarik dan juga lebih mudah dibersihkan. Untuk pemasangan keramik yang ada di kamar mandi tentu akan sangat dibedakan dengan keramik yang dipasang pada ruangan-ruangan lain. Terutama dari segi tekstur, mengingat kamar mandi akan selalu bersentuhan dengan air yang identik dengan rasa licin maka untuk membuat ruangan kamar mandi lebih aman, menggunakan keramik yang memiliki tekstur sedikit kasar sangat direkomendasikan.


Pemasangan keramik ini mungkin juga bisa dibedakan antara ruangan basah dan ruangan kering, sebab beberapa orang juga menerapkan konsep kamar mandi basah dan kamar mandi kering yang terletak dalam satu lokasi. Jika ruangan di kamar mandi anda tidak terlalu besar maka penggunaan keramik berwarna netral dan lembut seperti warna krem akan sangat direkomendasikan. Tidak hanya bagian lantai saja tetapi juga dinding bisa dipasangi dengan keramik untuk membuat kamar mandi Anda terkesan lebih unik dan juga lebih mudah dibersihkan.



Pencahayaan Dan Lampu Kamar Mandi

Supply cahaya mutlak diperlukan dalam setiap ruangan, tak terkecuali juga kamar mandi. Pencahayaan yang cukup pada kamar mandi juga akan membuat kamar mandi anda bebas dari lembab, jamur, lumut dan juga bakteri, akan lebih bagus jika kamar mandi yang anda miliki bisa terjangkau oleh sinar matahari langsung tetapi jika tidak memungkinkan maka sistem pencahayaan dari lampu bisa anda terapkan. Untuk sekedar tips ada beberapa poin penting yang perlu anda perhatikan ketika ingin memasang sistem penerangan pada kamar mandi di antaranya adalah.


Jika hanya ingin menerangi kamar mandi berdasarkan fungsinya saja maka anda bebas memilih warna cahaya lampu yang ingin dipasang pada kamar mandi. Tetapi jika ingin memberikan kesan yang lebih artistik maka anda perlu memperhatikan jenis warna cahaya lampu manakah yang paling tepat untuk kamar mandi, dan untuk sementara ini bagi Anda yang ingin membuat suasana di kamar mandi lebih menyenangkan maka direkomendasikan untuk memilih jenis lampu yang mengeluarkan cahaya berwarna putih kekuningan, memasang lampu dengan warna putih total pada kamar mandi dirasa kurang efektif dan justru akan membuat suasana kamar mandi terasa panas.

Pemasangan lampu di area shower akan lebih bagus jika dipasang pada plafon dan sebisa mungkin tidak terkena air agar nantinya lampu tersebut tidak mudah rusak ataupun mengalami korseleting.

Untuk meningkatkan keindahan tampilan kamar mandi tentu saja tidak hanya bergantung pada warna keramik maupun warna cat yang digunakan tetapi juga bisa ditambah lagi dengan aksesoris, seperti lukisan abstrak, bunga dan lain sebagainya. Cermin juga bisa dijadikan sebagai aksesoris tambahan yang memiliki dua fungsi yaitu untuk bercermin dan untuk memberikan kesan yang lebih luas pada kamar mandi

Pemilihan aksesoris yang tepat dan tidak terlalu berlebihan akan membuat suasana di kamar mandi jauh lebih menyenangkan, oleh sebab itu pilihlah aksesoris dengan warna yang senada dengan tema yang ingin anda tampilkan pada kamar mandi.


Pemilihan Kran, Washtafel Dan Bathtub

Tiga perabotan tersebut memang selayaknya harus ada pada sebuah kamar mandi tetapi untuk bathtub biasanya hanya bisa ditempatkan pada kamar mandi yang ukurannya besar. Sementara itu untuk kamar mandi yang ukurannya kecil biasanya lebih memilih untuk menggunakan shower karena dianggap lebih praktis dan ringkas. Anda bisa memilih jenis-jenis perabotan kamar mandi seperti kran, wastafel, kloset maupun bathtub sesuai dengan konsep yang ingin anda hadirkan, sebagai satu contoh ketika anda ingin menampilkan kesan natural maka anda bisa memilih wastafel dari bahan batu alam.



Demikian adalah informasi yang berkaitan dengan desain kamar mandi, ruangan yang tidak semestinya identik dengan suatu hal yang kotor dan gelap, justru sebaliknya kamar mandi bisa dieksplorasi untuk dijadikan sebagai tempat yang menyenangkan karena membersihkan tubuh adalah suatu hal yang wajib harus dilakukan oleh setiap orang, dan jika difasilitasi dengan tempat yang nyaman maka akan memberi hasil yang maksimal.


sumber : http://snowpolodavos.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Desain Kamar Mandi "

Post a Comment

partukang.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE