.

Cara Pemasangan Batu Alam

1. Persiapkan alat dan bahan yang akan digunakan yaitu paku beton, benang, adukan semen. benang digunakan untuk sebagai acuan agar pemasangannya bisa rapi, siku dan rata. Selain itu untuk finishing siapkan pelapis/coating untuk melapisi permukaan batu alam agar tidak mudah berlumut.

2. Pastikan batu alam berbentuk siku. Apabila tidak siku maka bisa dibuat siku sendiri dengan alat pemotong keramik.


3. Persiapkan dinding yang akan ditempel batu alam. Dengan cara mengupas atau dibobok pada permukaan dinding secara acak. Hal ini dilakukan agar adukan semen dapat merekatkan antara batu dengan dinding dengan baik.


Membobok Dinding untuk Pemasangan Batu Alam Pada Dinding

4. Pasang paku beton pada bagian atas dinding yang dipasang benang. Benang ini akan digunakan sebagai acuan untuk pemasangan batu alam agar siku.

memasang benang acuan untuk pemasangan batu alam pada dinding


5. Basahi atau rendam batu alam dengan air. Hal ini digunakan untuk menjaga kelembaban. Seperti yang kita tahu batu mempunyai pori yang besar. Apabila terlalu kering maka akan cepat menyedot air dalam adukan semen saat dipasang. Oleh karena itu agar dapat merekat sempurna maka dibasahi terlebih dahulu


6. Pemasangan batu alam pada dinding bisa dimulai dari bawah terlebih dahulu. Jangan lupa diberi ganjal agar batu alam tidak merosot, karena batu alam cukup berat.


7. Anda bisa menggunakan adukan semen pasir atau semen khusus semen instan agar dapat merekat dengan baik. untuk adukan semen pastikan bahwa proporsi semen yang baik dan gunakan tukang yang berpengalaman.


8. Anda bisa menggunakan pemasangan batu alam pada dinding teknik pemasangan maju mundur untuk menambah nilai estetika.


9. Setelah Pemasangan batu alam pada dinding, akan keluar sisa-sisa semen dari samping batu alam. Harus cepat dibersihkan agar tidak kering.


membersihkan sisa semen setelah pemasangan batu alam pada dinding


10. Setelah pemasangan selesai maka langkah terakhir adalah melapisi batu alam dengan cat pelindung/coating agar tidak mudah berlumut


Dari cara ini kita bisa mengetahui bagaimana caranya memasang batu alam dengan baik serta dapat mempersiapkan bahan dan alat apa saja yang akan digunakan serta menghitung biaya yang akan dikeluarkan. Hasil pemasangan batu alam yang baik akan memberikan kepuasan tersendiri bagi anda. (sumber : jasasipil.com)


Tips Perawatan Dinding Batu Alam


Adapun perawatan dinding batu alam tidak memerlukan teknik yang begitu rumit. Berikut langkah dan tips dalam merawat dinding batu alam :


1. Jika ada kotoran yang menempel, kita bisa membersihkan dengan cara menyemprotkan air menggunakan selang pada dinding batu alam tersebut.


2. Jika debu atau kotoran yang menempel tersebut tidak bisa hilang atau terlepas, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah menggunakan sikat dan kuas untuk membersihkannya.


3. Jika perlu, sebelum dilakukan penyikatan dinding batu alam tersebut dibasahi atau disiram dengan air yang dicampur sabun. Setelah disikat bersih, dinding tersebut disiram lagi menggunakan air yang bersih.


4. Untuk menghindari adanya lumut yang tumbuh, terutama ketika datang musim hujan, sebaiknya batu tersebut diberi lapisan atau coating yang jenisnya disesuaikan dengan jenis batu yang digunakan. Penggunaan coating ini harus dilakukan minimal enam bulan hingga satu tahun sekali. (selengkapnya tentang coating batu alam/cat batu alam)



dinding batu andesit dengan coating batu alam

Subscribe to receive free email updates: